Sabtu, 18 Desember 2010

macam-macam alat pelindung

Macam Alat Pelindung Diri :
1)Alat pelindung kepala :
Tujuan pemakaian alat pelindung kepala bagi tenaga kerja adalah untuk melindungi kepala dari :
a.Bahaya terbentur dengan benda tajam atau keras yang menyebabkan luka tergores, terpotong, tertususk, terpukul oleh benda-benda jatuh, melayang dan meluncur.
b.Bahaya panas radiasi, api, percikan, bahan kimia korossif.
c.Bahaya pencegahan terhadap rambut rontok dengan bagian mesin yang berputar.
Topi pengaman dapat terbuat dari berbagai bahan yang antara lain :
a.Plastik
b.Fiberglass
c.Bakelite
Topi pengaman yang terbuat dari bakelite enak dipakai karena ringan, dan topi ini mempunyai daya tahan terhadap benturan atau pukulan benda keras yang sangat tinngi serta tidak menyalurkan aliran listrik. Topi yang terbuat dari bahan campuran fiberglass dan plastic adalah sangat tahan terhadap asam dan basa. Tenaga kerja wanita dengan rambut yang panjang sering mengalami kecelakaan akibat rambutnya terjerat dalam mesin berputar, hal ini tutup kepala terbuat dari kain yang mencegah terjadinya kecelakaan.

2)Alat pelindung mata :
Perlindungan terhadap mata dan muka dilakukan untuk menjaga :
a.Dampak dari partikel-partikel kecil di udara yang terlempar dengan kecepatan rendah. Dan dapat mengenai muka dan mata.
b.Percikan dari cairan panas atau korrosif
c.Mata dari gas dan uap yang iritan
d.Berkas radiasi elektromagnetik dengan berbagai gelombang termasuk sinar laser.

Secara alamiah mata manusia telah dilengkapi dengan berbagai pelindung yaitu :
a.Tulang, berfungsi melindungi mata dari benturan atau pukulan benda-benda keras , otot sekitar mata sehingga shock absorbers terhadap pukulan, Alis mata melindungi dari mengalirnya keringat yang langsung dapat mengenai mata. Bulu mata bekerja sebai tirai pengaman yang menyebabkan mata menutup secara gerak refleks menangkap partikel kecil, serangga atau berfungsi sebagai pelindung sinar menyilaukan.
b.Kaca mata pengaman melindungi mata dari kemungkinan kontak dengan bahaya karena kepercikan atau kemasukan debu, gas, uap, cairan korossif, partikel melayang atau terkena radiasi gelombang elektromagnetik.
c.Alat pelindung telingga berfungsi sebagai penghalang suara bising dengan telinga dalam, melindungi pemakainya dari bahaya percikan api atau logam panas.
Alatialatnya adalah :
Sumbatan telingga ( Earplug )
Tutup telingga ( Ear muff )
d.Alat Pelindung pernafasan berguna untuk inspeksi pemeliharaan atau pebaikan alat- alat dan mesin yang terdapat ditempat kerja yang udaranya telah terkontimitasi oleh bahan kimia berbahaya. Macam-macam alat pernafasan :
Air purifying respiratoring atau respirator
Brathing apparature atau air supply respirator
e.Alat Pelindung tangan
f.Alat Pelindung Kaki
g.Pakaian Pelindung
h.Alat pelindung lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar